Home » » Kasiat tanaman Kencur bagi kesehatan

Kasiat tanaman Kencur bagi kesehatan

Kencur tidak hanya sedap aromanya sehingga dijadikan campuran bumbu,tetapi lebih berkasiat obat. Banyak penyakit dapat disembuhkan pleh ramuan kencur salah satunya sakit asma
Kencur adalah istilah orang jawa untuk menyebut jenis rimpang ini, kalau orang aceh memanggilnya ceuko, nama ilmiahnya Kaempferia galangal. Kencur termasuk kerabat jahe-jahean (gamilla Zingiberaceae),jadi masih saudaranya kunir,jahe dan semacamnya.
Seperti saudaranya yang laen (namanya saja masih saudara,kencur punya kemiripan disana sini. hehehehe) tumbuh tanpa batang dan membentuk rimpang dalam tanah. Rimpang inilah bagian tubuhnya yg paling penting, karena manfaatnya. Tanaman kencur dapat hidup dimana saja, asalkan tanahnya gembur dan subur dengan sedikit naungan.
Kencur juga banyak dimanfaatkan untuk jamu tradisional Indonesia yg cukup digemari. Salah satunya jamu beras kencur. Bahan utamanya kencur, ditumbuk bersama beras dan sedikit gula, ditambah sedikit air sebagai pengencer. Rasanya memang sedap. Khasiatnya?? jangan tanya, beberapasaat setelah meminumnya penat dan nyeri-nyeri hilang.
Khasiat yang lainnya,menambah nafsu makan, peradaran darah terasa lancarwalhasil tenaga pun bertambah. rimpang kencur bermanfaat sebagai sumber minyak atsiri,penyedap makanan,minuman,juga bahan jamu dan obat. Minyak atsiri dalam kencur berupa sineol, asam metal kanil, dan pendekaan.Minyak atsiri ini bisa diperoleh dengan cara menyuling rimpangnya.
Hebat juga minyak atsiri di dalam kencur itu! berdasarkan analisis laboratorium, minyak atsiri dalam rimpang kencur mengandung kurang lebih 23 macam senyawa. 17 diantaranya mengandung senyawa aromatik, monoterpena, dan seskuiterpena. Nah, seskuiterpena inilah yg mempunyai efek mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri(daya analgesic). Kencur juga bersifat stimulan, sehingga bisa sebagai penambah tenaga. Selain itu juga bersifat karminatif atau meluruhkan angina, jadi menghilangkan kembung di perut.
Di Cina,kencur digunakan untuk obat berbagai penyakit,selain sakit gigi juga memar,nyeri dada,sakit kepala dan sembelit. Kabarnya kencur juga bisauntuk mengobati tetanus, radang lambung, muntah-muntah,panas dalam serta keracunan.
loading...
Share this article :
Loading...

Advertiser



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Blogzets.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger